Cari
  • klinik raden saleh

Persyaratan Melakukan Kuret Aborsi di Klinik Raden Saleh Jakarta

Diperbarui: 2 hari yang lalu

#persyaratankuret #klinikradensaleh #klinikkuret

persyaratan kuret di klinik raden saleh - Pixabay

Aborsi atau kuret adalah tindakan yang dilakukan untuk mengakhiri kehamilan. Melakukan kuret secara medis tidak memerlukan pembedahan.

Anda bisa langsung datang ke klinik raden saleh jakarta yang menyediakan layanan kuret aborsi supaya mendapat penanganan yang tepat.

Hanya saja kuret lebih aman jika dilakukan pada trimester pertama kehamilan agar mengurangi risiko terjadinya komplikasi tertentu. 


a) Indikasi kedaruratan medis yang dideteksi sejak usia dini kehamilan, baik yang mengancam nyawa ibu dan/atau janin, yang menderita penyakit genetik berat dan/atau cacat bawaan, maupun yang tidak dapat diperbaiki sehingga menyulitkan bayi tersebut hidup di luar kandungan b) Kehamilan akibat perkosaan yang dapat menyebabkan trauma psikologis bagi korban perkosaan


Tindakan aborsi tersebut sesuai Pasal 75 ayat (2) UU Kesehatan, hanya dapat dilakukan setelah melalui konseling dan atau penasehatan pra tindakan dan diakhiri dengan konseling pasca tindakan yang dilakukan oleh konselor yang kompeten dan berwenang di klinik raden saleh jakarta. Selain itu, kuret atau aborsi hanya dapat dilakukan:

  • Sebelum kehamilan berumur 6 (enam) minggu dihitung dari hari pertama haid terakhir, kecuali dalam hal kedaruratan medis

  • Dilakukan Oleh tenaga kesehatan yang memiliki keterampilan dan kewenangan yang memiliki sertifikat yang ditetapkan oleh menteri seperti Klinik Raden Saleh

  • Dengan persetujuan ibu hamil yang bersangkutan

  • Dengan izin suami, kecuali korban perkosaan

  • Penyedia layanan kesehatan yang memenuhi syarat yang ditetapkan oleh menteri (Pasal 76 UU Kesehatan)

Sebelum Aborsi

Ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan tindakan Aborsi. Persiapan ini bertujuan untuk mempersiapkan fisik dan mental Anda. Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk melakukan tindakan aborsi medis, segera konsultasi dengan dokter Klinik Raden saleh untuk membahas apa saja persyaratan yang harus dipenuhi.


Melakukan aborsi adalah keputusan yang serius. Jika memungkinkan, Anda bisa diskusikan hal ini dengan pasangan, keluarga, atau teman dekat Anda. 

Jika tidak, tanyakan secara detail kepada dokter untuk mendapat jawaban atas pertanyaan yang memenuhi pikiran Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk memulai dan membuat keputusan untuk melakukan tindakan kuret di klinik raden saleh resmi.


Baca Artikel : Biaya Kuret Klinik Raden Saleh


Proses Aborsi

Sesudah diperiksa dan melakukan pembayaran maka Dokter akan membawa anda ke ruangan tindakan. Sebelum dilakukan aborsi maka akan dilakukannya USG terlebih dahulu dan diberikan suntikan anestesi bius lokal ataupun bius total. Setelah itu dokter akan memulai proses aborsi dengan cara penyedotan melalui suction (vakum aspirasi). Teknik ini benar benar teknik aborsi yang paling aman dan sangat praktis dan efektif karena tidak menyebabkan pendarahan dan tidak ada robekan di mulut rahim atau dalam vagina. Adapun waktu tindakan aborsi yang dibutuhkan juga sangat singkat yaitu kurang lebih 15-30 menit.


Pemulihan

Proses pemulihan seteleh selesai dilakukannya tindakan aborsi maka pasien dipindahkan ke ruang istirahat untuk pemulihan. Di ruangan ini akan kami adakan observasi dan memberikan obat penghilang rasa sakit pasca aborsi. Sambil menunggu kondisi pasien pulih dan stabil maka perawat atau dokter akan menjelaskan semua informasi tentang apa yang perlu dilakukan setelah kembali ke rumah. diantaranya berapa lama waktu istirahat dan makanan atau minuman apa yang perlu dihindari dan makanan yang penting untuk dikonsumsi untuk mempercepat pemulihan.

Untuk aborsi dengan kehamilan kecil biasanya bisa langsung beraktifitas kembali seperti biasa. Tapi jika aborsi dengan kehamilan besar maka akan perlu waktu beristirahat beberapa hari. Di ruangan ini beristirahat selama 15-30 menit. Jika kondisi pasien sudah baik maka sudah bisa diperbolehkan pulang sesuai dengan Prosedur Aborsi yang sudah ditetapkan oleh Klinik Raden Saleh

1. Jangan Beraktivitas terlalu berat

Dokter kandungan tentu saja akan menyarankan agar menghindari melakukan kegiatan fisik yang terlalu berat.

2. Hindari Makan sembarangan

pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi, seimbang, dan mengurangi makanan berminyak serta makanan berlemak.

3. Melakukan Hubungan seks terlalu cepat

Menghindari melakukan hubungan seksual selama sebulan atau setidaknya 14 hari setelah tindakan aborsi.

4. Membersihkan area vagina secara berlebihan

Hindari memasukkan apapun ke dalam area vagina. Termasuk juga tidak boleh membersihkan organ intim menggunakan cairan pembersih vagina atau douche.

5. Terburu-buru untuk hamil lagi

setelah mengalami keguguran dan dilakukan tindakan aborsi sangat dianjurkan oleh dokter spesialis kandungan agar menunda kehamilan lebih dulu. Setidaknya kurang lebih 3 bulan.

Demikianlah keterangan tentang apa saja persyaratan melakukan kuret aborsi di klinik raden saleh ini dan jika masih ada yang hendak ditanyakan jangan enggan ataupun sungkan untuk menghubungi kami, karena semua privasi dan kondisi pasti akan kami jaga.


0 tampilan
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

© copyright 2017-2020  KLINIK RADEN SALEH  SINCE 1995