Perawatan setelah malakukan aborsi.

klinik raden saleh

Tidak ada wanita yang menginginkan tindakan aborsi. Bahkan sebenaranya tindakan aborsi sendiri tidak di anjurkan oleh para dokter. Akan tetapi apabila suatu kandungan dapat membahayakan kondisi kesehatan ibu hamil maka tindakan aborsi boleh saja di lakukan.

Tidak ada tindakan medis yang tidak memiliki resiko atau efek samping. Pastinya semua tindakan medis memiliki dampak resiko atau efek samping. Maka dari itu walaupun tindakan aborsi secara medis di tangani oleh dokter ahli kandungan dan tersetifikasi, pastinya membutuhkan perawatan yang kusus setelah melakukan tindakan aborsi tersebut.

Maka dari itu klinik raden saleh akan memberikan tips bagaimana cara merawat kesehatan setelah melakukan tindakan aborsi. Akan tetapi alangkah baiknya anda harus mengetahui seperti apa efek samping setelah anda melakukan tindakan aborsi.

Apa yang akan terjadi setelah anda melakukan aborsi ?

  • Pendarahan ringan.
  • Anda tidak perlu cemas atau khawatir apabila pendarahan terjadi setelah anda melakukan tindakan aborsi. Pendarahan tersebut merupakan suatu hal yang sangat wajar. Akan tetapi apabila anda tidak tanggap akan pendarahan tersebut maka akan berakibat fatal.
  • Terjadinya kram pada perut.
  • Pastinya setelah anda melakukan tindakan aborsi maka anda akan mengalami kram pada perut anda. Kejadian ini sangat normal dan natural. Mungkin rasanya akan seperti saat anda menstruasi.
  • Terkadang Payudara terasa nyeri atau bengkak selama 1 minggu
  • Periode menstruasi anda kemungkinan besar dapat berubah, pada menstruasi pertama pasca aborsi mungkin aliran darah lebih sedikit dari biasanya.

Apakah yang harus anda lakukan setelah melakukan tindakan aborsi?

Kami sarankan untuk tidak  mengkonsumsi minuman soda, alkohol, serta makanan yang memiliki rasa pedas dan asam selama 1 minggu setelah tindakan aborsi berlangsung. Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang kami sebutkan di atas, pasien juga dilarang melakukan hubungan badan atau hubungan sexual bersama pasangan selama jangka waktu yang ditentukan oleh dokter (biasanya 1-2 bulan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kehamilan baru karena : Walaupun janin yang ada didalam rahim sudah di keluarkan dengan cara vakum, hormon si wanita masih belum stabil seperti semula.

Jika dalam waktu 1-2 bulan setelah tindakan aborsi berlangsung ada sperma yang masuk (walaupun sedikit) maka 96% pasien tersebut akan medapatkan kehamilan baru kembali.

Banyak sekali hal yang perlu di perhatikan pasca aborsi. Sangat kami sarankan untuk melakukan istirahat lebih banyak dari biasanya selama beberapa hari kedepan. Jangan terlalu melakukan kegiatan atau pekerjaan berat..Jangan lupa untuk kontrol kembali kesehatan anda ke klinik raden saleh setelah anda melakukan tindakan aborsi.

Namun apabila terjadi efek samping seperti yang saya sebutkan di atas alangkah baiknya anda melakukan hal seperti :

Apabila terjadi kram, anda bisa melakukan cara cara berikut :

1. Kompres dengan air hangat

2. Perbanyak istirahat

3. Banyaklah untuk  meminum air putih hangat.

4. Memijat perut/punggung

5. Minum obat penghilang rasa nyeri (ibuprofen)

Berikut saran kami setelah anda melakukan tindakan aborsi. Apabila anda merasakan hal yang sangat mengganggu kami sarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter di klinik raden saleh atau anda bisa menghubungi nomor telpon yang sudah kami sediakan di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *