Apakah mimisan saat hamil berbahaya ?

mimisan saat hamil

Mimisan adalah kondisi dimana keluar dari dalam hidup. Secara medis mimisan terjadi karna adanya ganguan pada pembuluh darah dalam hidung. Dengan demikian maka pembuluh darah dalam hidung akan mengeluarkan darah.

Mimisan juga tidak lepas dari seseorang wanita yang sedang mengandung. Saat mengandung seorang wanita juga rentan mengalami mimisan. Lantas apakah itu berbahaya? Menurut Klinik Raden Saleh terjadi mimisan saat mengandung sangatlah umum dan tidak berbahaya.

Mengapa mimisan saat mengandung merupakan hal yang wajar dan tidak berbahaya?

Seorang yang sedang mengandung pastinya sering mengalami mimisan. Apalagi kondisi kandungan sudah memasuki trimester kedua. Hal ini juga berkaitan erat dengan kondisi hormone yang berubah saat mengandung.

Saat mengandung asupan darah bagi ibu hamil meningkat pesat. Hal ini mengakibatkan pembuluh darah sedikit melebar.Begitu pula dengan pembuluh darah yang berada dalam hidung ibu hamil.

Selain asupan darah yang meningkat, tekanan darah pada ibu hamil juga meningkat. Maka akan mengakibatkan pembuluh darah yang berada dalam hidung akan membengkak. Hal ini mengakibatkan pembuluh darah tersebut rawan pecah.

Apakah mimisan berpengaruh dalam kehamilan ?

Mimisan saat hamil merupakan hal yang sangat wajar. Apalagi mimisan yang di alami seorang ibu hamil cuman sekali. Akan tetapi perlu di waspadai apabila terjadi mimisan secara terus menerus. Karna hal ini bisa berhubungan dengan kondisi pendarahan setelah melahirkan.

Bagaimana mengentikan mimisan saat hamil ?

Anda tidak usah panik apabila anda mengalami mimisan saat hamil. Anda hanya butuh tenang dan melakukan hal – hal berikut :

  • Ambil posisi duduk yang nyaman dan tenangkan diri anda sambil angkat posisi kepala anda dan usahakan tidak menunduk.
  • Saat tidur hindari posisi kepala mendengak keatas, sehingga dapat menyebabkan darah mengalir ke bawah tenggorokan.
  • Pijit atau tekan bagian bawah hidung menggunakan jari telunjuk.
  • Cobalah anda untuk bernafas dengan hidung sambil menekan bawah hidung selama 10 – 15 menit.
  • Apabila anda merasa lemas saat mengalami mimisan maka anda bisa tiduran sambil miring.

Bagaimana mengantisipasi mimisan saat hamil ?

Meski mimisan saat mengandung merupakan hal yang sangat wajar, tapi mimisan saat mengandung juga dapat membuat kita tidak nyaman. Makan dari itu kami berikan tips tentang bagaimana cara mencegak mimisan saat anda hamil. Berikut untuk tipsnya:

  • Membuang lendir (ingus) terlalu kuat
  • Membungkuk
  • Melakukan aktivitas berat
  • Tidur telentang
  • Mengorek hidung

Jadi anda tidak usah panik dan khawatir apabila anda mengalami mimisan saat hamil. Tapi apabila anda mengalami mimisan yang berdampak pada kesehatan dan stamina anda kami sarankan supaya mengunjungi dokter kandungan.

Bisakah Aborsi Menyebabkan Kemandulan?

apakah aborsi bisa menyebabkan kemandulan _ Dalam terminologi medis, istilah “aborsi” dapat berarti penghentian kehamilan yang direncanakan atau kehamilan yang berakhir dengan keguguran. Namun, …

2,3 Juta per Tahun Wanita Melakukan Aborsi
2,3 Juta per Tahun Wanita Melakukan Aborsi

Menggugurkan Kandungan Di Klinik Klinik Raden Saleh Yang Aman Jumlah wanita yang melakukan aborsi di klinik raden saleh setiap tahun mencapai 2,3 juta. Yang di tangani 30 persen di antaranya dil…

Apakah Makan Pedas Berbahaya Bagi Janin ?
Apakah Makan Pedas Berbahaya Bagi Janin ?

Buat para pecinta makanan pedas, kurang afdol rasanya makan tanpa sambal. Kenikmatan makanan seolah-olah berkurang bila tidak ada sambal. Lalu apakah boleh makan sambal saat hamil? Para bumil pecinta…

Perawatan setelah malakukan aborsi.
Perawatan setelah malakukan aborsi.

Tidak ada wanita yang menginginkan tindakan aborsi. Bahkan sebenaranya tindakan aborsi sendiri tidak di anjurkan oleh para dokter. Akan tetapi apabila suatu kandungan dapat membahayakan kondisi keseh…

5 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil
5 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama masa kehamilan merupakan hal yang sangat penting. Bahkan bukan cuma hanya menjaga kesehatan si calon ibu saja, namun juga kesehatan janin. Meskipun memang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *